Minggu, 01 Juli 2012

Bapa, Aku Telah Berdosa...!!

Lukas 15:11-12 (baca ay 11-32)
11 Yesus berkata lagi: "Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki.
12 Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka.

Institusi pertama yang didirikan TUHAN adalah keluarga, paling hirarkis dan paling kuat ikatannya. Ikatan orang tua dan anak, ikatan antar saudara kandung; adalah ikatan-ikatan paling kuat yang dapat dibayangkan. Mungkin inilah penyebab Allah mengkaitkan ide keluarga, pada hubungan-Nya dengan umat tebusan-Nya.

Debora Tannen, pakar sosiolingustik berpendapat; daya pesona keluarga pada rasa hati, pesona cinta adalah bahwa dalam keluarga, kita memiliki seseorang yang memahami diri kita begitu baiknya tanpa kita perlu menjelaskannya lagi. Daya pesona ini adalah janji adanya seseorang yang peduli pada kita, untuk melindungi kita dari dunia luar yang hendak mencelakakan kita. Namun dalam suatu jalinan yang aneh dan kejam, keluarga juga yang seringkali menimbulkan rasa sakit.

Begitu dekatnya keluarga sehingga mereka juga bisa melihat semua cacat yang kita miliki seakan-akan memakai kaca pembersar. Para anggota keluarga memiliki banyak sekali kesempatan untuk menyaksikan kesalahan kita dan merasa berhak untuk menunjukkannya, demikianlah yang tersirat dalam sikap si sulung dalam kisah anak hilang., yang tidak terima dengan sikap sang bapa kepada anak bungsunya yang datang dan berkata "Bapa aku telah berdosa".

0 comments:

Posting Komentar