Minggu, 01 Juli 2012

Sarana Hidup Bukan Sumber Hidup

Matius 6:33 (baca ay.25-34)
33. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Keserakahan/mamonisme adalah gerakan memuja harta dan apa yang bisa disediakan oleh harta. Manusia diciptakan Allah dengan 'kebutuhan" untuk menyembah, dan jika manusia tidak menyembah Allah, maka kebutuhan ini akan membawa manusia mencari sasaran penyembahan lain 'popularitas' atau 'manusia lain' atau bahkan 'materi'. Dalam kenyataan sehari-hari, ilah yang paling banyak disembah manusia adalah materi. Bagi penyembahnya materi adalah segalanya, dan ditempatkan lebih tinggi dari manusia bahkan dari Allah.

Salah satu yang penting dalam hal ini adalah persepsi yang benar. Allah sebagai sumber hidup, materi sebagai sarana hidup. Ketika kita terbalik mempersepsikannya, maka kita akan mulai terjerumus dalam ketidakseimbangan lagi. Dan karena persepsi salah dalam hal ini, materi begitu mengikat seseorang, sehingga membuat orang itu malah kuatir kehilangan materinya. Dan kekuatiran ini begitu merusak jiwa manusia, damai hilang dari kehidupan, damai hilang sukacitapun turut lenyap. Sukacita lenyap makna hidup pun semakin kecil.

Ingatlah, Materi adalah sarana untuk hidup, namun TUHAN lah sumber hidup. Rahasia besar dari kecukupan diri bukanlah mendapatkan apa yang kita inginkan, melainkan 'menginginkan' apa yang sudah kita dapatkan. Hiduplah untuk bisa berjalan bersama Allah dengan berinvestasi di surga sehingga kita tidak jadi hamba materialistis.

0 comments:

Posting Komentar