Minggu, 01 Juli 2012

TUHAN yang menuntun umatNYA

Keluaran 3:17
“Jadi Aku telah berfirman: Aku akan menuntun kamu keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.”

Allah berjanji akan menuntun bangsa Israel keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri yang berkelimpahan susu dan madu (Keluaran 3:17). Ini adalah gambaran dari keselamatan kita. Tuhan melepaskan kita dari belenggu dosa menuju pada kehidupan yang berkelimpahan. Gagasan mengenai keselamatan manusia datang dari Tuhan, bukan dari hati dan pikiran manusia.

Allah menciptakan manusia menurut peta dan teladan-Nya, tetapi manusia disesatkan dan diperdaya oleh iblis, sehingga manusia melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Orang berdosa harus dihukum, sebab upah dosa ialah maut atau kematian. Dia adalah Allah yang penuh kasih, tetapi Dia juga adalah Allah yang adil dalam menjatuhkan penghukuman. Ia menghendaki semua manusia selamat dan mereka yang menolak pasti dihukum. Jika kita mengaku dosa kita, maka Tuhan akan mengampuni (I Yohanes 1:9). Tanpa pengakuan dosa, tidak ada pengampunan dan untuk mengaku dosa, kita harus terlebih dulu sadar bahwa kita adalah orang berdosa, semua itu adalah pekerjaan Roh Tuhan.

Setelah menebus manusia dari cengkeraman setan, Tuhan menghendaki kita menjadi milik-Nya untuk selamanya. Dia menuntun dan memimpin kita dalam perjalanan panjang menuju Tanah Perjanjian. Banyak cobaan, rintangan dan godaan harus kita hadapi. Tetapi percayalah, salib yang kita pikul, bukan salib yang terlalu berat. Ia tidak akan membiarkan kita dicobai melebihi kekuatan kita (I Korintus 10:13).

Dengan salib kita masing-masing, kita akan berjalan terus bersama Yesus sampai tiba di negeri Perjanjian yaitu Surga yang mulia.

0 comments:

Posting Komentar