Minggu, 01 Juli 2012

Hargailah kedaulatan yang TUHAN berikan

Amos 3:1-2
“Dengarlah firman ini, yang diucapkan TUHAN tentang kamu, hai orang Israel, tentang segenap kaum yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir, bunyinya: ‘Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu. Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?”

Pada waktu Tuhan menuntun bangsa Israel keluar dari Mesir, Tuhan sendiri mendampingi mereka siang maupun malam. Pada waktu siang, Tuhan mendampingi mereka dengan tiang awan dan pada malam hari, Tuhan mendampingi mereka dengan tiang api. Semua itu menyatakan penyertaan Tuhan pada bangsa Israel. Bahkan yang hebat sekali dalam Amos 3:2 dikatakan bahwa: “Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi…” Arti kata ‘kenal’ dalam ayat ini mengandung arti sangat intim seperti suami-istri, begitu dekat.

Kepada orang-orang yang tidak memiliki ketaatan, Yesus berkata: “Aku tidak pernah mengenal kamu.” (Matius 25:12). Padahal mereka itu adalah orang-orang yang suka memberitakan Injil, mereka sering mendoakan orang sakit dan orang sakitpun menjadi sembuh. Rupanya banyak orang yang menamakan diri sebagai orang yang setia melayani Tuhan, menyembah Tuhan dan mengaku mengenal Dia. Tapi Tuhan sendiri berkata: “Aku tidak mengenal kamu.”

Kita yang telah ditebus Tuhan Yesus Kristus, kita telah menerima otoritas sebagai umat pilihan. Kita telah menerima hak kesulungan dari Tuhan. Jangan sampai kita seperti Esau yang telah menjual hak kesulungannya hanya karena sepiring kacang merah. Jangan sampai kita menjadi orang yang ditolak Allah. Kita telah menjadi harta kesayangan Allah. Pertahankanlah semua anugerah-Nya, sehingga kita dapat berkata: “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Roma 8:37).

Kita adalah umat kesayangan Allah, sebab itu kita harus menghargai kedaulatan yang Tuhan berikan.

0 comments:

Posting Komentar