Minggu, 01 Juli 2012

Menjadi Masyarakat Kasih Karunia

Yohanes 8:7 (baca ay.2-11)
7. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."

Sebuah kisah Jim Baker, dia seorang pendeta selebritis yg memukau dunia dgn kefasihan lidahnya sebagai pembicara tv di Amerika di bawah bendera perisahaan PTL (Praise The LORD). Pada puncak kejayaannya Jim terjerat dosa seksual dan penyimpangan keuangan, yg menyebabkan kariernya berakhir di penjara. Jim menceritakan harinya yang muram di penjara, dan pada suatu hari dia sedang membersihkan toilet penjara dan ia diberitahu ada seorang tamu datang untuk bertemu dengannya. Melihat kondisi dan pakaiannya yang kotor dia ragu untuk menerima seorang tamu, namun ahirnya dgn langkah gontai ia melangkah ke ruang pertemuan tanpa tahu siapa tamunya. Ketika masuk ke ruangan itu betapa terkejutnya dia karena yg berdiri di sana adalah Billy Graham yg tanpa ragu menghampiri, menyentuh dan memeluknya. Betapa luar biasa lukisan kasih karunia ini: seorang pria yg seumur hidupnya dikagumi jutaan orang karena melegenda sebahai sosok yg menang atas godaan uang dan seks memeluk seorang pria yg justru terjegal di dua bidang itu. Tak hanya sampai disana ceritanya: kasih karunia dlm bentuk anugerah pengampunan yg diulurkan Billy Graham adalah anugerah yg mengalir dari anugerah yg dia dan setiap kita nikmati saat kita datang kepada Kristus. Anugerah yg sama ini yang ditawarkan pada Jim Baker, lalu ia menuliskan buku: I was wrong and forgiven (aku bersalah dan diampuni).

Dosa terasa paling berat setelah kita menerima anugerah pengampunan, bukan sebelumnya. Pengampunan membuat seseorang sadar akan banyaknya dosanya ketika ia bertobat dan diampuni. Ketika Yesus memberikan kasih karunia pada wanita pezinah, apakah anda mendengar satu per satu yang digenggam orang banyak jatuh dan mereka beranjak pergi. Yoh 8:7-8?

0 comments:

Posting Komentar